Apa Itu Hiperhidrosis

by admin , at 7:30:00 PM , has 0 komentar

Mungkin udah banyak yang tau apa nama penyakit berkeringat ini. Nama penyakit ini adalah hiperhidrosis, yang juga gue alamin sendiri. yaa gue udah mengalami ini sejak tinggi badan gue belom sampe sepuser orang dewasa. Tepatnya sih sekitar gue kelas 2 SD baru nongol tuh keringet2 yang keluar secara ga wajar, ya tapi dulu gue nganggep itu bukan hal yg aneh namanya juga anak2 ya just let it happen. Tapi seiring berjalannya waktu dan sampe sekarang gue udh setinggi pohon toge gini, keringet yang keluar makin ga kekontrol, macam banjir bandang di gurun sahara (?). Jadi kalo kemana-mana selalu siap sedia bawa anduk olahraga yang ga gede2 amat, sampe sekarang gue tetep bawa. Sampe ke acara-acara formal pun tetep gue bawa....... dan pas disekolah gue kebetulan anggota paskibra, jadi kalo tiap latihan tuh tau sendiri deh bakal se-banjir apa. Sampe netes-netes kalo lagi baris berbaris, didukung sama cuaca yang memicu keluarnya keringat yaitu p-a-n-a-s.


Tangan yang berkeringat kaya gini emang sangat mengganggu para penderitanya men, dan ada juga dari penderita hiperhidrosis yang suka minder kalo ditempat umum dengan tangan basahnya, Tapi kalo gue? cuek aja. dan kewajiban gue sebagai pelajar yang setiap sekolah kemungkinan kerja rodi untuk menulis catetan yang panjang dari beberapa guru kan lama2 netes dan nembus tuh walau gue udah pake alas anduk *lah curhat, belom lagi kalo ulangan yang ngisinya di LJK. Kan itu bikin ribet apalagi kalo udah berhadepan sama cewek yang dikagumi dan berniat akan menggandengnya, bukan banjir lagi yang keluar tapi udah tahap tsunami!. 

kebayang banget kan gimana ga nyamannya menjadi penderita hiperhidrosis, tapi bukan berarti sebagai penderita gue harus minder. ya dengan berjalannya waktu gue mulai terbiasa dan pede dengan tangan gue yang sering basah ini. 

ini dia tersangka-nya

Hiperhidrosis





 Gue ulangin lagi, nama kasus atau penyakitnya ini hiperhidrosis. kalo dari yang gue baca ini disebabkan kelebihan kelenjar keringat di area tertentu, efek mengonsumsi obat dan faktor keturunan. Bagian tubuh yang umumnya mengalami kasus ini biasanya ketiak, telapak tangan, telapak kaki dan bahkan punggung. nah mungkin disini tuhan memberikan 3 paket hadiah (ketiak, telapak tangan dan kaki) dari 4 paket yang ada untuk dititipkan ke gue, and yes gue merasa terhormat

diberikan kekurangan ini untuk dijadikan kelebihan. Oh iya daripada menyesatkan gue kasih penjelasan yang benernya tentang penyebab hiperhidrosis yang gue kutip dari

detikhealth.com

Penyebab hiperhidrosis adalah sistem regulasi suhu pada tubuh dan kelenjar keringat.

Ada dua jenis kelenjar keringat di kulit, yaitu kelenjar apocrine dan kelenjar eccrine. Kelenjar Eccrine, terdapat di sebagian besar tubuh dan membuka langsung ke permukaan kulit. Kelenjar apocrine berkembang di daerah yang dipenuhi dengan folikel rambut, seperti pangkal paha, ketiak dan kulit kepala”.

Oke sambung lagi ke omongan gue sebelumnya,

Kok bisa sih jadi kelebihan? tentu dong. misalnya telapak tangan gue, orang bilang

 telapak tangan gue ini alus banget ga kaya tangan cowok2 pada umumnya. Sampe

mereka yang pernah megang tangan gue selagi ga basah itu bilang alus banget

kaya tangan……. cewek. mereka ngira gue gapernah melakukan hal hal yg berat dengan telapak tangan gue ini, tapi itu salah besar. gue juga dlu sering manjat2, entah

 itu pohon, truk, atau manjatin doa kepada yang maha kuasaJdan banyak hal2 lainnya. 
Hemm dan sampe sekarang gue juga masih mencari-cari info lain. dulu gue sempet
mikir ini disebabkan oleh kondisi jantung yang kurang sehat tapi setelah gue baca2
artikel dan memeriksakan ini ke dokter disalah satu rumah sakit di daerah Tangerang,
tapi kata dokter itu gini "oh kamu itu kena yang namanya hiperhidrosis"
dalem hati gue "iye tau", terus gue ngomong "bisa sembuh ga dok?",
lalu dia menjawab "ini tuh gabisa disembuhin dek, ga ada obatnya juga"
dan gue bales " wah masa sih dok ga ada cara buat nyembuhin hiperhidrosis?"
 terus dia jawab lagi  "iya, mau gamau kamu harus bisa ngatur emosi kamu jangan
 sampe tegang" oke gue pun pergi dengan lesu-nya sambil bilang "makasih ya dok" ya padahal mah dalem hati “@**#/#**@*&&-@-“ ah sudahlah~.
Dan ini emang ga ada hubungannya sama jantung seperti apa yang orang2 bilang, tapi ada juga yang disebabkan oleh kurang sehatnya jantung, dan ini yang dialami sama
temen sekolah gue. dan pas dikelas gue coba maen salaman yang ditepok tuh kalo
kalah suit, eh gue kalah mulu, eh merah dah tuh tangan, eh perih dah abis maen, eh.... oke serius. banjir nya tuh keringet dari telapak tangan gue sama dia ampe netes2,
hiiiii....
Terus bisa sembuh ga tuh? kalo dari artikel terpercaya yang gue baca di detik.com yang ditulis juga oleh seorang dokter,Hiperhidrosis itu bisa sembuh. tapi kalo kata dokter
yang gue datengin tadi penyakit ini gabisa disembuhin. Bingung gue jadinya mau
percaya sama siapa kalo gini? Dokter dunia nyata atau dokter dunia maya?
Dokter yang hadir nyata didepan gue atau yang bersembunyi dibalik kenyataan disana?
JENG JENG! Zoom in – Zoom out hidung
Dan untuk mengakhiri pos gue kali ini, gue kasih refrensinya yang gue kutip dari
detikhealth.com Cekidot!

Jenis hiperhidrosis biasanya menentukan penyebabnya:


1. Hiperhidrosis General
Daerah besar dari tubuh dipengaruhi oleh jenis hiperhidrosis. Hiperhidrosis dapat juga

merupakan efek samping dari obat yang dikonsumsi oleh tubuh.


2. Hiperhidrosis Fokal
Berkeringat berlebihan di siang hari pada telapak tangan dan telapak kaki atau

kadang-kadang pada ketiak biasanya merupakan jenis hiperhidrosis fokal. Biasanya  sama

pada kedua sisi tubuh (bilateral), misalnya pada kedua telapak tangan.



Jenis ini tidak terkait dengan kondisi yang mendasarinya dan biasanya dimulai sebelum usia 20 tahun. Jenis ini biasanya menurun dalam keluarga, sehingga mungkin melibatkan komponen

genetik, tetapi penyebab pastinya masih belum diketahui.                                                                                                                                                      “

Pengobatan

Perawatan yang biasanya direkomendasikan untuk kondisi hiperhidrosis, antara lain:

1. Obat antikolinergik
Seseorang mungkin diresepkan obat antikolinergik seperti Glycopyrrolate pada kasus

hiperhidrosis secara umum. Biasanya, setelah menggunakan obat selama sekitar dua minggu,

 tanda dan gejala membaik.

Namun, obat ini bisa memiliki berbagai efek samping karena asetilkolin bekerja pada beberapa struktur dalam tubuh, bukan hanya kelenjar keringat. Beberapa tanda dan gejala efek

samping dari obat antikolinergik, antara lain:

a. Penglihatan kabur
b. Sembelit
c. Kehilangan selera makan
d. Retensi urin
e. Mulut kering
f. Pusing
2. Antiperspiran
Untuk mencapai hasil terbaik, antiperspiran harus dipakai di malam hari untuk daerah yang paling rentan terhadap keringat. Orang harus mencuci obat di pagi hari untuk mencegah iritasi karena antiperspiran dapat menyebabkan kulit merah, bengkak dan gatal.
3. Botulinum toksin
Suntikan botulinum toksin efektif untuk mengobati hiperhidrosis dengan memblokir saraf yang memicu kelenjar keringat.
4. Iontophoresis
Alat bertenaga baterai akan digunakan dalam prosedur ini saat tubuh pasien direndam di dalam air, kemudian diberikan arus listrik tingkat rendah untuk tangan, kaki, atau ketiak. Kelenjar keringat sementara dapat diblokir pada prosedur ini. Iontophoresis biasanya aman dan dapat dilakukan di rumah.
5. Bedah
Operasi bisa menjadi pilihan dalam beberapa kasus langka. Melepaskan kelenjar keringat di ketiak dapat membantu dalam kasus keringat berlebihan yang hanya terjadi di daerah tersebut. Memotong saraf yang membawa pesan dari saraf simpatis ke kelenjar keringat adalah prosedur yang berbeda. Operasi ini dapat dilakukan dengan menggunakan prosedur yang dikenal sebagai endoscopic thoracic sympathectomy.



Sumber :http://www.hipfuturedoctor.blogspot.com/
Apa Itu Hiperhidrosis
About
Apa Itu Hiperhidrosis - written by admin , published at 7:30:00 PM, categorized as Curhatan Gue , kisah inspiratif , Opini , pengetahuan . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Yuk Baca ! by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->