Hati-Hati Dengan Zeus Banking Trojan

by admin , at 7:32:00 PM , has 0 komentar

Hallo guys...




Zeus itu apa sih kok booming sekali ya di tahun 2007 silam, pasti sebagian dari kalian mengira zeus ini adalah nama salah satu dewa Yunani yah hehehe, jawabannya salah!  Zeus atau Zbot adalah malware berjenis Trojan Horse yang mana memiliki tujuan kriminal khususnya untuk mencuri informasi perbankan anda.
Sering kali Zeus di panggil dengan nama Zeus Internet Banking Malware.
berikut ini kutipan yang saya ambil dari wikipedia,

Zeus, ZeuS, or Zbot is a Trojan horse malware package that runs on versions of Microsoft Windows. While it can be used to carry out many malicious and criminal tasks, it is often used to steal banking information by man-in-the-browser keystroke logging and form grabbing. It is also used to install the CryptoLocker ransomware. Zeus is spread mainly through drive-by downloads and phishing schemes. First identified in July 2007 when it was used to steal information from the United States Department of Transportation, it became more widespread in March 2009. In June 2009 security company Prevx discovered that Zeus had compromised over 74,000 FTP accounts on websites of such companies as the Bank of America, NASA, Monster.com, ABC, Oracle, Play.com, Cisco, Amazon, and BusinessWeek


sorry ya guys, adanya bahasa inggris, saya rasa kalian udah pada jago deh, karena masih sedikit info tentang Trojan ini di pencarian Indonesia



Pernah gak kalian merasakan kehilangan uang saat sedang transfer via Internet Banking atau sedang cek saldo rekening tiba-tiba berkurang tanpa alasan yang jelas? Kemungkinan PC atau Smartphone anda telah terinfeksi.



Malrwe ini di temukan pertama kali di bulan July 2007 saat sedang mencuri informasi perbankan dari United States Department of Transportation. Zeus di ciptakan oleh seorang Russia yang tidak diketahui identitasnya.


Penyebarannya pun sangat cepat, di tahun 2009 saja sudah ada 74.000 perangkat yang terinfeksi. Perusahaan-perusahaan besar di Amerika pun sudah merasakan kengerian malware ini, seperti NASA, Bank of America, ORACLE, dan lainnya.




Di Indonesia pun malware ini sangat buming sampai tahun ini pun sudah beribu-ribu perangkat yang terinfeksi, sebagai contoh besar di tahun 2015, Bank BCA pun menjadi korbannya




Zeus tergolong malware yang sangat sulit sekali di basmi, ini di karenakan malware ini menggunakan Algoritma yang mutakhir untuk mengelabui Anti-virus. Jadi, usahakan Anti-Virus anda selalu up-to-date.



Hal-hal yang perlu anda ketahui:

  1. Metode penyebarannya biasanya berasal dari file lampiran pada email yang mencurigakan atau dari situs-situs download  yang tidak jelas.
  2. Pada saat seseorang mengeksekusi file yang terinfeksi tersebut, Zeus pun akan bersemayam di  Sistem Operasi anda, dan akan memonitoring aktivitas anda secara diam-diam.
  3. Jika anda telah terinfeksi, malware ini akan mencoba mengupload file informasi sensitif anda kepada Servernya tanpa  sepengetahuan anda.
  4. Jika anda ingin melakukan aktivitas Internet Banking melalui Smartphone atau PC anda, Zeus akan mengelabui anda dengan teknik DNS Poisoning dimana yang tadinya anda sebagai contoh ingin mengakses  www.klikbca.com  menjadi  www.clikbca.com    dan modifikasi menipu yang lainnya. Saat itu pula informasi perbankan anda telah tersubmit ke Zeus Server bukan BCA.
  5. Zeus memliki database yang berisi ratusan domain Internet Banking di seluruh dunia.
  6. Sampai hari ini Zeus masih menjadi momok bagi pengguna awam dan masih menjadi Malware yang paling merugikan.
  7. Pastikan URL domain internet banking anda benar.
  8. Selalu scan perangkat anda dengan Anti-Virus yang sudah update.
  9. Jangan mendownload file-file mencurigakan dari sumber yang mencurigkan pula
  10. Jangan percaya jika ada seseorang mengirim email ke email anda untuk anda mengklik lampiran darinya, biasanya berupa  file exe atau link ke domain berbahaya


Setelah membaca artikel diatas harusnya kalian sudah lebih peduli ya. Keep smart and keep safe, guys! Semoga Bermamfaat



source: http://kask.us/ieyK3 & google image
Hati-Hati Dengan Zeus Banking Trojan
About
Hati-Hati Dengan Zeus Banking Trojan - written by admin , published at 7:32:00 PM, categorized as Opini , pengetahuan , Tips . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 Yuk Baca ! by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->